Kamis, 03 Juli 2014

Obama Dukung Pemakaian CNG untuk Otomotif

// // Leave a Comment
Nevada, KompasOtomotif - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyatakan dukungannya terhadap pemakaiancompressed natural gas (CNG) sebagai energi alternatif untuk otomotif. Dinilai CNG lebih bersih dibanding bahan bakar konvensional dan peredaraan bisa merata berkat kemajuan teknologi terkini.
“Bila diekstraksi dengan aman, CNG adalah jembatan yang bisa menopang ekonomi kita dan menyumbang lebih sedikit polusi yang bisa menyebabkan gangguan iklim global. Dalam rencana bisnis, 100 miliar dollar AS akan diinvestasikan untuk membangun pabrik baru menggunakan gas alami. Saya akan mengusahkan setiap pabrik selesai dibangun dan mulai beroperasi, kongres juga bisa membantu mendirikan stasiun pengisian bahan bakar CNG,” ungkap Obama seperti diberitakan Inautonews, (31/1/2014). 
Lebih Hijau
Menurut komisi energi California, CNG menghasilkan 30 persen lebih rendah gas emisi rumah kaca daripada bensin dan 23 persen lebih “hijau” dibanding diesel. Keunggulannya lagi, CNG mampu mengurangi polusi seperti oksida dan nitrogen, mudah didistribusikan, serta irit biaya operasional.
Sejak awal memegang kendali Gedung Putih pada 2009, administrasi Obama terkesan lebih mempromosikan penggunaan baterai, bahkan dana untuk pengembangan hidrogen fuel-cell pun telah dialihkan. Baru pada 2014, Obama memutuskan untuk fokus pada CNG.
Namun tetap saja, pemanfaatan CNG masih tergantung sikap pabrikan. Hingga kini eksplorasi teknologi pada model dan varian yang bisa memakai CNG masih terasa belum serius. Sebagian besar memilih mengembangkan teknologi hibrida listrik. 

0 komentar:

Posting Komentar